Friday, June 6, 2008

My May 08 Trip, Bangkok

English version here and here


Karena udah tau perjalanan KL - Bangkok cukup lama, jadi buku, dompet (untuk beli minum), camera (pemuas narsisita) & permen gw keluarin dari tas supaya perjalanan lebih nyaman, and semakin bersyukur udah ngelakuin itu karena sebelahnya Srie duduk orang lain, jadi kan lebih susah untuk ngambil barang2 itu kalo dibutuhin. Tapi karena barang2 itu juga gw & Srie termasuk bagian dari orang terakhir yang keluar dari pesawat, soalnya agak ribet kan masuk2in lagi ke tas mana lagi harus nunggu orang yang sebelahnya Srie untuk keluar baru kita bisa ngambil tas kita masing2.

"Highjacker" pic
Ngeliat pesawat hanya sisa1 bapak2 selain kita, gw bilang ke Srie foto yux... mumpung sepi, berhasil tuh gw ngambil fotonya Srie, tapi tiba2 dateng tuh pramugari sambil tepok2 tangan and bilang "come...come.. come... No.. No.. No... you can't do this miss, you could be considered as a hijacker" huahahaha..... gw sama Srie otomatis saling bengong, liat2an and ngakax... "huahahaha, us??? highjacker??? hahahaha" ampe sambil jalan ngelewatin slurf-nya kita masi ngakak tuh.
Gile aja deh.... ce2 manis begini dibilang bisa jadi highjacker, dari mana coba???? highjacknya pake apa juga coba??? sisir sama kuas blush on??? hahaha.... lumayan lah jadi bahan ketawaan kita seharian tuh.... gak akan terlupakan deh... kita bisa dianggep jadi highjacker.


1. Suvarnabhumi airport


Suvarnabhumi airport cukup gede, 3 lantai, modelnya ke arah modern pake baja & kaca gitu deh, waktu diliat dari jendela pesawat waktu mau mendarat keliatan seperti jajaran kerang / keong. Terminal kedatangan di lantai 2, penjual SIM card juga di lantai harganya THB 199 dengan pulsa THB 100. Setelah itu kita turun ke lantai 1 untuk nyari bus counter untuk airport shuttle bus ke kota, letaknya deket pintu entrance 8, bus yang ngelewatin hotel Asia bus rute AE4, tapi di sini kita enggak beli tiket lagi, soalnya udah beli di pesawat tadi.





Setelah diinformasiin kalo busnya baru dateng 1 1/2 jam lagi, kita nanya mbak2 penjaga bus counter dimana retorannya, dia bilang di lantai 3. Tapi ternyata hanya sekitar 5m dari counternya itu ada food court (Magic Food Court), langsung masuklah kita ke situ food courtnya biasa aja, kayaknya itu tempat makan pegawai2 airport (tanda2 yang bagus menurut gw), artinya murah and karena cukup rame artinya cukup enax, sistemnya kupon jadi yang pegang makanan gak pegang duit, lumayan bersihlah. Setelah muter2 gw milih nasi + semur kaki babi, plus waktu liat ada orang yang bawa salad kok menggoda banget, gw akhirnya milih deep fried papaya salad.... sumpe loh... uenaaxxxx tenan.... bumbunya itu pas banget manis, asem, pedesnya just perfect, mango salad di resto2 thai jakarta lewat deh sama makanan food court ini hihihi. Asli murah banget deh, makanan yang gw pilih tadi plus air mineral hanya THB 80 (padahal gw pernah baca makanan airport ini mahal2).

2. Transport from airport


Airport Express (shuttle bus) - nya lumayan nyaman, pake AC, supirnya gak ugal2an, ada tempat khusus untuk koper di dalem bus (bukan bagasi yang di bawah seperti bus2 lainnya) dan kosong banget, penumpangnya hanya 4 orang termasuk kita (salah satunya gw curiga bapak2 dari Indonesia juga). Sebelum berangkat kita kasi tau mbak2 asisten supirnya tempat tujuan kita (Hotel Asia) jadi kita akan dikasi tau tempat turunnya, si bapak2 yang gw curiga orang Indonesia itu juga bilang Hotel Asia. Sayangnya waktu itu ujan jadi gak bisa foto2 pemandangan perjalanan dari bus and waktu udah ampe tengah kota buset... macetnya gak kalah tuh sama Jakarta, ampe diem gitu macetnya ternyata gara2 ada "bottle neck".

Waktu turun dari bus, kita langsung shock setengah mati or setengah idup deh.... jadi busnya itu berenti di seberangnya hotel Asia dan coba tebak..... yup..... enggak ada zebra cross untuk nyebrang dan itu jalan lumayan lebar, 2 jalur dengan highway diatasnya. Si bapak2 yang gw curiga orang Indonesia itu juga turun di tempat yang sama, jadi begitu turun bus gw langsung nanya sama dia "Pak, mau ke hotel Asianya lewat mana???", dg kupretnya itu bapak sambil senyum2 simpul penuh makna setengah ngejek (uuffff.... beneran deh pengen gw jitax tuh itu bapak) nunjuk ke tangga penyeberangan (sekaligus tangga untuk ke BTS) yang rasanya di mata gw & Srie itu tingggiiiiiiiiiiiiii banget and langsung kabur. Iiiihh.... pura2 nawarin kek itu bapak ngebantuin kita.... bow.... inget bahwa gw and Srie itu masing2 bawa 1 koper 15 kg & backpack yang cukupe berat huaaaaa...... mau nangis gw rasanya.

Akhirnya gw pikir ya udahlah, kalo memang harus setengah narik setengah ngangkat tu koper ya sutralah kalo memang gak ada jalan lain, tapi sebelumnya gw ngecek dulu ke sebelah kiri siapa tau keliatan lampu merah, jadi kita bisa nyebrang, langsung lemes waktu liat kalo sebelah kiri itu lempeng bener gak ada lampu merah malah yang ada jalan mobil untuk ke jalan yang diatas. Berusaha liat yang sebelah kanan, kok di kejauhan keliatan kayak ada ibu2 yang nyebrang sama anaknya.... and keliatan ada lampu merah, akhirnya kita jalan ke kanan +/- 50 meter gitu ternyata bener ada lampu merah and kita bisa nyeberang di situ and jalan menuju ke hotel, Thx God banget deh.... kalo enggak kita bener2 harus ngangkat itu koper naik tangga :D
Dan untungnya waktu kita sampe di situ ujannya berenti, jadi kita gak keujanan.

kamar kita di Asia Hotel

3. Jalan-jalan Sore

Rencana hari ini sebenernya jalan ke Pratunam, liat2 di sekitar Siam Square dan malemnya nonton Calypso Cabaret di hotel tempat kita nginep.
Tapi sayangnya gagal semua, soalnya waktu kita mau jalan lagi, udah mulai ujan lagi, sedangkan untuk ke Pratunam market itu ada kemungkinan kita keujanan di area2 tertentu, untuk cabaret mereka gak ada pertunjukan untuk hari ini and besok dalam rangka Waisak (setelah liat2 di supermarket, mereka juga gak ngejualin minuman alkohol loh dalam rangka waisak ini).
Akhirnya kita santai2 aja di hotel sambil beres2, mandi dll, setelah itu kita mutusin aja untuk jalan ke area Siam Square dengan naik BTS, turun di Chit Lom station and terdampar di Central World Plaza (tadinya ini WTC), cukup bagus ya tapi untuk ukuran mall segede itu cukup sepi, mall kalangan atas banget, jadi agak susah untuk kita nyari makan di situ. Tapi disitu kita tergoda dengan product2 Boots yang lumayan murah ya... gw beli body lotion & body butter yang aroma Chocolate vanilla, enak banget kayak kue coklat baunya, body lotion harganya THB 180 (sekitar 50rb-an). Setelah dari sana kita balik ke hotel and bobo, harus cepet bobo soalnya besok harus agak pagi supaya bisa banyak yang didatengin.

4. Hari ke-2 : Grand Palace, Wat Phra Keow, Wat Pho, Wat Arun + shoppping MBK


Berhasil bangun jam 7, mandi dll beres2 jam 1/2 8, turun ke coffee shop untuk breakfast setelah itu langsung kabur ke BTS dari lt. mezannin hotel yang ada pintu langsung ke stasiunnya, beli tiket tourist THB 100 untuk seharian. Turun di Saphan Taksin station, jalan dikit aja udah langsung ke central pier, semuanya ada papan penunjuk dalam bhs inggris selain sanskrit, jadi gampang banget kok.

Perahu orange

Di situ kita langsung naik perahu yang benderanya warna orange (bayar THB 15) dan turun di Chang Pier untuk ke Grand Palace (GP) dan Wat Phra Kaeo (WPK). Waktu turun di Chang Pier kita udah kayak anak ayam keliangan induk soalnya begitu keluar dari chang Pier, kita langsung masuk pasar (msekipun hanya pasar makanan jadi bukan pasar basah), yang ada kita ngikutin pasangan bule yang keliatan pede aja tuh, ternyata bener feeling kita untuk ngikutin mereka, lurus aja kok, nanti setelah ngelewatin pasar nyebrang untuk ke GP & WPK.


Waktu masuk ke area dalam benteng GP (tapi diluar area yang bayar), setelah foto2, kebetulan lagi ada prosesi pergantian tentara keamanan, jadi ngeliatin mereka dulu.


Harga tiket masuk GP & WPK langsung satu tiket (lah wong memang satu area kok), untuk turis harganya THB 250, kita milih untuk masuk ke WPK dulu, sumpe loe... di WPK & GP itu panaaaaaaassssss buanget & terik (mulai nyesel tadi gak jadi pake baju lengan panjang & lupa pake sunblock di tangan, hanya pake di muka & leher aja) tapi asli seru foto2 di sana hihihi...
Waktu lagi asik foto2 dengan kepanasan di WPK, tiba2 angin semilir aduh nikmaaat banget deh... apalagi di seluruh bagian eternit luarnya itu dipasangin bel2 kecil, jadi kalo ada angin bel2 kecil itu langsung berdentingan, nambah bikin adem & nyaman banget deh suasananya :)

Setelah puas ngiterin WPK, kita mulai masuk area GP, kita masuk ke tempat singgasana raja, sayangnya gak boleh foto didalem ruangan itu, yang menarik tuh di dalem ruang singgasana itu ada patung2 & pembatas ruangan yang bernuansa cina (mungkin hadiah antar negara jaman dulu ya...).


Keluar dari area singgasana raja, kita masuk ke lapangan tengah, rapi & bersih tapi puanaaaasssss banget soalnya nggak ada pohon gede yang bisa jadi tempat ngadem. Jadi setelah foto di lapangan situ kita masuk ke museum senjata, lumayan bisa ngadem hihihi.... tapi pas ngeliat senjata2 tajamnya... haduh imajinasi gw langsung berjalan dg ngebayangin gimana alat2 seperti trisula, golok panjang itu dipake hiiiiiiii.... langsung mau kabur keluar lagi deh gw hehehe.... gw lebih kuat ngeliat pistol daripada senjata tajam :D Setelah puas muter2 GP, makan siang dulu di food court chang Pier... sayang menurut gw makanannya kurang gitu enak.

Setelah makan siang, kita ke Chang Pier yang jaraknya hanya 5 meter dari food court untuk naik perahu yang sama untuk ke Wat Arun, kita turun di Tien Pier (hanya 1 pier), sebenernya katanya bisa jalan kaki sih +/- 900 meter, tapi ogah ah... lebih praktis naik perahu aja lagian murah ini & gak pake nambah capek hihihi...
Begitu mendarat di Tien Pier gw liat ada pier disebelahnya untuk nyebrang sungai ke arah Wat Arun... wah ternyata gampang ya ke Wat Arun, waktu baca2 di internet kok kayaknya susah banget mau ke situ, ampe di rencanaku kita nggak ada plan ke Wat Arun karena mikirin ribetnya cara untuk ke sana.
Sama seperti di Chang Pier, di Tien Pier ini begitu keluar langsung pasar, malah lebih heboh tuh pasarnya ada ikan asin and duren segala, tapi berhubung puanas banget gw gak napsu deh ngeliat duren :P


Suasana di dalem Wat Pho memang nggak sebagus & semegah grand palace ya, malah agak cenderung agak messy & kurang pemeliharaan, tapi paling nggak di situ lumayan banyak pohonnya jadi lebih adem. Memang yang paling menarik itu "reclining Budha"-nya yang gede banget ampe susah nyari angle untuk ngefoto, selain itu Wat Pho itu tempat untuk pendeta2 Budha (& mungkin masyarakat umum) untuk belajar Thai massage, denger2 sih kita bisa tuh Thai massage di situ, bahkan gambar2 di dinding kuilnya gambar2 tubuh manusia plus titik2 untuk mijetnya (bukan kuil yang ada reclining Budha-nya, di kuil yang beda tapi tetep di Wat Pho).


Di kuil yang ada patung reclining Budha, dia sebelah belakangnya ada guci2 banyak yang kalo kita isi pake koin and kita yang bisa ngisi sampe guci terakhir katanya akan balik lagi ke sana. Koinnya kita dapet dengan nyumbang THB 20 dapet 1 mangkok yang isinya segepok koin2 THB 50 sen, tiap mangkok isinya beda2 kayaknya, soalnya gw bisa ngisi sampe terakhir tapi sayangnya Srie udah keabisan koin sebelum sampe di guci yang terakhir.


Setelah puas jalan2 di Wat Pho, kita langsung keluar and ke Tien pier lagi and nyebrang ke untuk ke Wat Arun, perahu untuk nyebrang ini beda sama perahu2 yang sebelumnya kita pake. Lucu deh... ampe ibu2 penjual sayur bisa bawa tuh gerobaknya ke dalam perahu yang untuk nyebrang ini loh, kalo perahu yang orange itu gak akan bisa bawa gerobak seperti itu.


Enggak terlalu banyak yang diliat dari Wat Arun, memang seperti yang gw baca2 nothing really special kalo diliat dari deket, hanya kuil ini dihiasin dengan keramik, bahkan kadang2 seperti piring yang dipecah and ditempel2in, lucu juga sih...


Saking bingung mau ngapain lagi di Wat Arun ini, akhirnya gw mutusin untuk naik ke tingkat yang paling atas yang bisa dinaikin lewat tangga, toh udah ampe sini, sayang kalo gak diliat semua.... ternyataaaa.... itu keputusan yang sangat2 bodoh :D soalnya setelah naik tangga bagian yang pertama (itu aja udah lumayan tinggi), tangga yang bagian kedua sangat2 jauh lebih terjal dan tempat pijakannya menjadi jauh lebih kecil, sekitar 1 jengkal tangan aja. Waktu naik gw udah pegangan di railing pegangan tangga sebelah kiri & kanan. Waktu difoto yang di tempat paling atas sama Srie dari bawah (Srie gak mau naik!!!) , ngeliat ke bawah sambil nyesel and pusing 7 keliling... gimana cara gw TURUN!!!!!
Akhirnya daripada pusing ngeliat tangga turun, gw muter2 dulu di atas, memang sih pemandangannya bagus banget, bisa liat sungai Chao Phraya and pemandangan dari atas sayang gw tinggalin camera di bawah sama Srie, anginnya enak banget meskipun terik juga tuh...
Ok... udah waktunya turun sambil komat kamit berdoa hehehe.... kebayang gak sih... gw turun itu sambil pegangan railing yang sebelah kanan & kiri, kalo berdiri di salah satu anak tangga and nyender, tangga yang langsung diatasnya tempat gw berpijak itu setinggi *maaf* pantat, jadi kan tiap anak tangga itu tinggi banget, mana pijakannya keciiil bener....
Begitu ampe bawah... langsung "Puji Tuhan..... gw selamet ampe bawah" hehehe.... and kehabisan nafas, beneran tuh kira2 2 minggu sejak kejadian itu gw trauma sama tangga.


Pulang dari Wat Arun udah lumayan sore... kita naik kapal penyebrangan untuk ke Tien Pier and diterusin ke Central pier untuk naik BTS lagi, kita mau ngelanjutin jalan2 untuk shopping ke Ma Boong Krong (MBK) untuk nyari2 oleh2 khas Thailand.


Ternyata memang lumayan banyak tuh di situ barang2 khas Thailand di lt. 6, tapi sayang, susah banget untuk nawarnya. Setelah muter2 baru tuh terasa badan gw gak enak banget, ternyata gw kena sunburn and kayaknya plus masuk angin, kulit merah banget kayak kepiting rebus, mana panas lagi di bagian kulit yang merah, kepala pusing, lemes and mual. Bener2 kapok deh gw... gak akan lupa lagi pake sunblock hiksss....
Jalan2 di MBK ampe malem juga sekitar jam 9 gitu deh, setelah itu kita balik ke hotel, beres2 koper and bobo, besok pagi harus pagi2 banget berangkatnya dari hotel soalnya naik pesawat paling pagi ke S'pore jam 07.05 AM.

Huaaaaaa.... bangun kesiangan!!!! panix... panix.... baru kebangun jam 4 beres2 jam 1/2 5 baru bisa turun, check out jam 5, untung kita udah pesen taxi hotel untuk jam 4 pagi, jadi supirnya udah siap, pas ngeliat langsung kaget sendiri... budget traveler kayak kita naik taxi Volvo untuk ke airport??? hahaha... what a budget traveler we are... memang sih kita kena THB 900 kalo gak salah, tapi lumi lah.... supirnya langsung nyetir ngebut cepet banget waktu tau kita keburu2.
Sayangnya kita gak sempet foto2 sama mobilnya, jadi nunjukin kalo budget traveler masih bisa traveling pake Volvo hahaha :D


Untung aja kita sampe tepat waktu di Suvarnabhumi, masi sempet foto2 lagi sebelum boarding hahaha :D
Oh iya mulai dari Bangkok sini bagasi kita udah agak overweight hehehe :D


Khap Khun Khap Bangkok... Hope to See you again soon.....



1 comment:

chacha said...

Hi, Nia...Mo nanya nih..bolehkan? Mgg depan mau pergi nonton Cabaret di Asia Hotel BKK, pas kemarin kamu pergi berapa duit? Belinya dimana? Pas di hotelnya atau...? Malam yah...? Terimakasih yah...